Minggu, 10 Oktober 2010

BAB III
LANDASAN TEORI


A. Pengertian SMS-Banking

Short Message Service Banking, atau sms-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan lewat media telepon selular. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui handphone, khususnya via telepon selular. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat handphone seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi sms-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan telephone selular.
Untuk dapat menggunakan layanan ini, seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode akses ke nomor tertentu dimana terdapat fasilitas sms-banking milik bank bersangkutan. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan melakukan aktifitas perbankan melalui nomor akses bank bersangkutan.
Sms-banking sebenarnya bukan barang baru di dunia perbankan, tapi di Indonesia sendiri, baru beberapa tahun belakangan ini marak diaplikasikan oleh beberapa bank papan atas. Konon ini berkaitan dengan keamanan nasabah yang tentunya menjadi perhatian utama dari para pengelola bank disamping masalah infrastruktur bank bersangkutan.
B. Kamanan Dalam SMS Banking
Beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh penyedia layanan dalam merancang sistem yang berkaitan dengan sisi pengguna adalah :
 Sekuriti perlu menjadi pertimbangan yang penting dari disain sistem.
Bukan sekedar tempelan iklan belaka. Memberikan umpan balik pada mekanisme sekuriti akan meningkatkan pemahaman user terhadap mekanisme sekuriti ini. Sehingga aplikasi, jaringan juga perlu mempertimbangkan faktor sekuriti ini juga.
 Menginformasikan user tentang ancaman potensial pada sistem.
Kepedulian akan ancaman ini akan mengurangi ketakpedulian pengguna terhadap ditail langkah transaksi yang dilakukan. Sebagai contoh mereka tidak cenderung menekan Yes. Ketika memverifikasi sertifikat. Memang para pengguna telepone selular di Indonesia kebanyakan memiliki kendala dalam hal bahasa. Sehingga mereka sering melewati dan tak membaca pesan yang tampil di layar. Hal ini menuntut Semakin perlunya menu dan keterangan berbahasa Indonesia pada aplikasi SMS Banking.
Secara rutin penyedia layanan harus memberikan jawaban terhadap pertanyaaan masalah sekuriti, baik yang secara langsung maupun tidak. Ini dapat melalui newsletter, press release, ataupun white paper. Sebaiknya jangan digunakan penjelasan yang sekedar menutupi ancaman sesungguhnya, ataupun jangan juga memberikan penjelasan yang menakut-nakuti. Keputusan suatu perusahaan untuk menggunakan handphone sebagai jalur pemberian layanan, memberikan konsekuensi bahwa perusahaan tersebut juga harus aktif memonitor masukan dari jaringan, misal melalui kotak surat khusus pengaduan, memonitor mailing list yang mempertanyakan masalah keamanan implikasi jaringan tersebut.

Sebaiknya ketika user baru memulai menggunakan suatu layanan, mereka telah di-"paksa" untuk membaca petunjuk ini terlebih dahulu. Jangan setelah ada suatu kasus baru dikeluarkan langkah-langkah yang perlu diperhatikan. Dokumentasi dan penjelasan di situs harus lebih ditail dan lengkap lagi. Selain penyedia jasa, pengguna juga harus lebih waspada misalnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini :
 Memahami prinsip dan keterbatasan sekuriti yang diberikan.
Secara aktif bertanya kepada penyedia layanan Internet banking, bagaimana proses keamanan, teknologi yang digunakan, serta batasan yang ada. Sudah barang tentu, keterbukaan penyedia jasa dalam menjawab pertanyaan pengguna menjadi suatu hal yang menentukan dalam hal ini.
 Jangan terlalu mudah menjawab "Yes" pada suatu pertanyaan . Sebaiknya apapun pertanyaan atau pernyataan yang muncul di layar perlu dibaca dengan seksama. Karena seringkali ketakpedulian pengguna ini menyebabkan timbulnya resiko keamanan. Memang masalah bahasa pengantar pada user interface program browser, telah menimbulkan permasalahan. Akan lebih mudah bila bahasa pengantar ini tertulis dalam bahasa Indonesia sehingga pengguna awam akan lebih mudah memahaminya.
 Login akan sangat penting sekali ketika timbulnya suatu kasus di masa mendatang. Sayang sekali tidak semua sistem operasi di sisi network secara otomatis menyediakan fasilitas log ini. Akan lebih baik lagi, bila mekanisme log ini dilengkapi mekanisme tanda tangan digital yang dilakukan 2 pihak terpisah, misal pengguna dan jaringan, atau penyedia jasa SMS-banking. Log file (baik milik pengguna, atau penyedia layanan) yang tak memiliki tanda tangan digital, relatif memiliki kekuatan hukum yang kurang tinggi.

C. Aspek Teknologi Dalam Keamanan SMS Banking

Dunia Perbankan tidak berbeda dengan industri lainnya dimana teknologi telepone selular mulai menjadi merasuk dan bahkan sebagian sudah menjadi standar de facto.SMS Banking mulai muncul sebagai salah satu servis dari Bank. Servis ini mulai menjadi tuntutan dari sebagian nasabah bank, sama halnya dengan servis ATM dan phone banking. Akan aneh jika sebuah bank tidak memiliki ATM. Demikian pula tidak lama lagi akan aneh jika sebuah bank tidak memiliki server khusus meskipun jumlah pengguna handphone di Indonesia masih sedikit. Tuntutan ini datangnya dari nasabah yang menginginkan servis cepat, tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu), nyaman, dan murah. Hal ini dapat diberikan oleh layanan SMS Banking. Namun dibalik kemudahan dan kenyamanan tersebut terdapat aspek keamanan. Dalam sebuah survey oleh Ernst & Young tentang Information Security diperoleh informasi bahwa 66% responden mengatakan security dan privacy merupakan penghambat lebih besarnya penggunaan electronic commerce.

D. Manfaat Dan Keuntungan Dalam Menggunakan SMS Banking
Menggunakan sms banking memberi banyak begitu kemudahan seperti :
1) Pembayaran TELKOM,
Melakukan tagihan pembayaran TELKOM dengan menggunakan SMS-BANKING nasabah tidak perlu membuang waktu berjam-jam untuk mengantri membayar tagihan telkom. Dengan sms banking semuanya akan lebih mudah.
2) Informasi Saldo
Dapat mengecek informasi saldo para nasabah.
3) Infromasi Kurs
SMS Banking menyediakan informasi kurs untuk indikasi mata uang asing.
4) Infromasi Tolakan Kliring dan Transfer
Untuk mempermudah mengawasi bisnis anda dengan mudah. Kami menyediakan SMS-Banking yang mampu memberikan informasi tentang kliring yang ditolak hari ini dan tolakan transfer yang masuk.
5) Infromasi Produk Bank Danamon.
Untuk mengetahui produk Bank Danamon, Anda tidak perlu datang ke cabang BANK DANAMON. Melalui telepon anda dapat mengetahui keuntungan-keuntungan dengan menabung di BANK DANAMON. Sesuaikan produk BANK DANAMON dengan kebutuhan.
6) Mengubah PIN
Nasabah dapat mengganti PIN sesuai keinginannya.
7) Pemblokiran ATM
Anda kehilangan ATM Danamon. Dengan SMS-Banking 24 Jam setiap hari. Anda dapat melakukan pemblokiran ATM Danamon Anda kapan saja dan dimana saja.
8) Permintaan Informasi melalui Fax
Dengan menggunakan fasilitas SMS-Banking , bisnis anda akan menjadi lancar. Karena Anda dapat mengetahui mutasi rekening yang terjadi hari ini dan kemarin.



E. Cara Memiliki PIN Telephone
PIN Telepon adalah angka sandi rahasia untuk melakukan transaksi perbankan melalui Danamon Access Center. Nasabah dapat memiliki PIN Telepon tersebut dengan cara yang mudah, nyaman serta aman, yaitu:
• Datang ke ATM Bank Danamon terdekat (di mana saja, di seluruh Indonesia).
• Masukkan Kartu ATM dan PIN ATM.
• Pilih menu "Transaksi Lainnya", kemudian pilih menu "Buat PIN Telepon".
• Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang diinstruksikan melalui layar ATM.
• Anda sudah memiliki PIN Telepon, untuk aktifasi silahkan datang ke cabang Bank Danamon terdekat.
Selanjutnya, untuk aktifasi PIN Telepon, nasabah harus mengunjungi cabang dengan membawa struk pembuatan PIN Telepon dari mesin ATM ke cabang terdekat untuk melakukan registrasi.
Cara Menggunakan Layanan Danamon Access Center
Hubungi Danamon Access Center
Pilih nomor telepon sesuai dengan kota terdekat di mana Anda sedang berada atau tekan 67777 dari ponsel GSM dimanapun anda berada.
Mesin Penjawab akan mengucapkan salam, dan menawarkan pilihan bahasa.
Anda tidak perlu menekan apapun, jika memilih layanan dengan Bahasa Indonesia.
Mesin Penjawab akan menawarkan pilihan kelompok jenis layanan, yaitu:

Setiap saat, Anda dapat kembali ke menu sebelumnya dengan menekan angka 8, atau ke menu utama dengan menekan angka 9
Jika anda memilih layanan yang berhubungan dengan transaksi finansial, anda akan diminta untuk memasukkan sandi rahasia , yaitu berupa :
16 Angka Nomor Kartu ATM dan PIN Telepon
Jenis layanan yang memerlukan sandi rahasia, yaitu semua layanan yang bertanda (*) " pada menu jenis layanan ".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar