Minggu, 10 Oktober 2010

PENGGUNAAN SMS BANKING UNTUK KENYAMANAN NASABAH BANK DANAMON

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Dalam era globalisasi sekarang ini peranan nasabah dirasa semakin penting dalam menentukan keberhasilan dan maju pesatnya suatu bank. Dalam dunia perbankan, setiap bank ditantang untuk dapat menarik nasabah sebanyak mungkin. Karena itu diperlukan sistem atau strategi baru dalam menyikapinya. Dan sekarang ini, fungsi perbankan akan mudah lagi. Dikatakan mudah karena perkembangan teknologi telephone melalui program SMS (Short Message Sevice) telah menjawab tantangan ini dengan mengembangkan program barunya dalam ponsel, yang kini lebih dikenal dengan sebutan sms-banking. sms-banking sendiri memiliki makna yaitu penggunaan telephone untuk memudahkan nasabah.
Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana telepone selular seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi sms-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan telepon selular.
Banyak hal yang diperoleh dari sms-banking ini, yang paling kentara adalah kemampuannya untuk menjangkau pasar global sehingga nasabah banyak yang terpuasakan. Untuk dapat menggunakan layanan ini, seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode akses ke lokasi dimana terdapat fasilitas SMS-Banking milik bank bersangkutan. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan melakukan aktifitas perbankan melalui nomer akses bank bersangkutan. SMS-banking sebenarnya bukan barang baru di dunia perbankan, tapi di Indonesia sendiri, baru beberapa tahun belakangan ini marak diaplikasikan oleh beberapa bank papan atas. Konon ini berkaitan dengan keamanan nasabah yang tentunya menjadi perhatian utama dari para pengelola bank disamping masalah infrastruktur bank bersangkutan.
Kehadiran sms banking membuat perubahan besar dalam layanan perbankan. Segala jenis transaksi yang dulu manual kini bisa diselesaikan tanpa mengenal ruang dan waktu lewat dunia maya. Ada yang bilang, fasilitas sms-banking membuat nasabah seperti punya ATM pribadi. Segala jenis layanan perbankan bisa dilakukan sendiri, kecuali yang langsung melibatkan uang tunai seperti penyetoran dan penarikan.
.

.



B. Tujuan Penyusunan makalah
Adapun tujan dalam makalah ini, antara lain :
a. Untuk mengetahui manfaat sms-banking.
b. Untuk mengetahui cara penggunaan sms-banking.


C. Ruang Lingkup
Kehadiran sms banking membuat perubahan besar dalam layanan perbankan. Segala jenis transaksi yang dulu manual kini bisa diselesaikan tanpa mengenal ruang dan waktu lewat dunia maya. Ada yang bilang, fasilitas SMS Banking membuat nasabah seperti punya ATM pribadi. Segala jenis layanan perbankan bisa dilakukan sendiri, kecuali yang langsung melibatkan uang tunai seperti penyetoran dan penarikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar